Selasa, 11 Desember 2012

Today Playlist: Shuffle-Song!

Jakarta, 11 Desember 2012,

Bulan Desember merupakan salah satu bulan kesukaan saya, ketika hujan rajin bermain-main di muka bumi. Sasaran empuk bagi inspirasi untuk menghampiri ranah imaji. Pastinya, waktu yang tepat pula untuk memutar playlist saya yang super-random, dari beragam generasi, tahun rilis dan nuansa yang dihasilkan setelahnya.

Hari ini, sebagai ajang rehat selepas deadline, saya akan memaparkan sedikit kata di balik lagu-lagu yang terputar secara acak dalam PC kantor tercinta. Dan, satu hal yang sangat mengagumkan, irama random ini berhasil mengerubungi gendang telinga saya, yang kemudian mengajak syaraf menari-nari menguak buku memori. Manis, ya?

Berikut adalah beberapa lagu yang terpilih secara acak, sore ini. Enjoy! 

1. OST Juno: The Moldy Peaches - Anyone Else But You



Saya adalah fans berat Michael Cera, dengan karakter-karakternya yang selalu mengangkat kisah lelaki kutu buku, geek, aneh, tapi artsy. Kikuk dan gugup seakan menjadi andalannya. Nggak heran, saya sangat suka dengan film-film absurd yang ia bintangi, salah satunya adalah Juno.

Voila, lagu bertajuk "Anyone Else but You" ini berhasil merenggut perhatian perangkat dengar saya, kali pertama mendengarnya di film tersebut. Nadanya sederhana, dengan lirik catchy, lucu, menggelitik namun manis. Coba intip sedikit liriknya, yuk!

You're a part time lover and a full time friend,
the monkey on your back is the latest trend, 
I don't see what anyone can see, 
in anyone else but you~

Manis, manis, manis!

2. Joey Cape & Tony Sly - International You Day



Saya mendapatkan lagu ini dari salah seorang teman jauh di Pulau Dewata, bertahun-tahun lalu. Tiba-tiba, sosok berhiaskan tattoo serta piercing itu mengirimkan lagu ini lewat aplikasi Yahoo Messenger. Dan dia hanya berkata, "Coba denger ini, Neng, bagus lho!". Semula, saya berpikir lagu ini akan menyerupai alunan-alunan lagu Misfits, sama seperti yang ia biasa senangi.

Ternyata, lagu ini mengingatkan akan irama akustik melodic yang biasa menghantarkan tidur saya di kala masih mengenyam pendidikan SMA. Saya pernah baca di suatu situs, bahwa kolaborasi ini seakan menerjemahkan musik punk rock dengan nuansa folk yang kental. Alhasil, dengan lirik yang juga super menusuk, lagu ini sudah cukup lama mendekam di playlist saya, tanpa sanggup saya ganti.

But without you, my life is incomplete,
my days are absolutely gray,
and so I'll try, let your heart know for sure,
that I have so much more to tell you, 
every single day...

So much gloomy inside, isn't it?

3. Sondre Lerche - I Guess It's Gonna Rain Today


Easy listening music, seakan identik dengan irama-irama yang disenandungkan oleh musisi asal Norwegia ini. Nuansa Skandinavia kental terasa dalam setiap lagunya. Tenang, tentram dan sejuk. Nggak heran, kedatangan Sondre Lerche beberapa tahun lalu disambut dengan cukup meriah, utamanya bagi penikmat musik indie pop.

Dan, satu lagu yang tetiba menghampiri saya sore ini adalah: I Guess It's Gonna Rain Today! Sepertinya sesuai dengan situasi cuaca ibukota kali ini, dimana mendung sedang akrab bergumul dengan langit, bergosip tentang kelakuan Matahari, siang ini, atau bercerita tentang kemacetan kota yang telah mereka datangi.

You better know by know she said
I made no effort to defend myself against her claim
There wasn't anything to add, and so I blurted out
I guess it's gonna rain today
What a silly thing to put you through, I know better
Lost for words because I'm losing you
Didn't I promise you I knew better?

Hurry home before the sky breaks out
You can't predict things that happen all the time
Hurry, but don't take my word for it, babe
I don't know, but I guess it's gonna rain today
I don't know, but I guess it's gonna rain today


Sedikit menggerus hati ya ternyata kata-katanya, "Lost for words because I'm losing you, didn't I promise you I knew better?".

4. Blueboy - The Joy of Living



Sesaat setelah tembang milik Sondre Lerche usai, gesekan biola nan merdu langsung menyusup ke ruang-ruang kosong indra pendengaran saya, dan sontak membuat saya berkata, "Ah lagunya!". Dan akhirnya, mampu menerbitkan senyum kecil pada wajah lesu saya sore ini.

Ya, judulnya adalah: The Joy of Living. Pelantunnya, merupakan salah satu grup musisi favorit saya, Blueboy. Lucunya, usia dari band pengusung indiepop ini nyaris sama dengan saya, beda 2 tahun saja. Mungkin, kala itu saya masih mendengarkan lagu masa kanak-kanak, soundtrack film Kartun, dan sebagainya. Bahkan, saya baru mengenal grup band ini ketika saya menginjak bangku perkuliahan. It's kinda late, right? 

Dan lagu ini, adalah salah satu lagu yang berhasil membuat saya berdebar-debar. *senyum*

All i wanted to say was i'm so happy 
of course it's not love 
but i'm not choosey 
I just want to kiss you in new places 
to savor the joy of living liking you,

Bagaimana mungkin kupu-kupu di perut saya ini tidak aktif menggelitik? 

5. Ballads of The Cliche - Make It Simple


Lagu terakhir yang mendadak menyita perhatian saya, utamanya kala saya memutarnya secara acak. Sebelumnya, saya jarang memerhatikan lirik dari lagu ini secara mendalam, karena saya lebih sering memutar "Season of Joy" ataupun "French Riviera" dari musisi tanah air bergenre indie pop ini. 

Dan, ternyata, saya - yang sangat mudah tersentuh oleh diksi menusuk - tertegun tetiba. Tertohok. Seperti ada yang menghunuskan sebuah sembilu merah muda, dengan wajah ceria. Lantunan irama ini begitu riang dan ringan, tetapi menyisipkan kata "perpisahan" yang sangat-sangat-sangat membuat hilang kata. Speechless. Penasaran dengan liriknya?

We both know we’ve been through lot of our tears together
tears and cry just like our first meal everyday
We know it’s hard but it has to be over
cause thing doesn’t always be like we wanted to be

Every single road has the end
and every kind of trouble always have their way to be done
And now the storm has over and the sun has shine since we through that day
it's been so long and now you got your smile back upon your lips

I still love you and I know you feel the same way too
But somehow this relationship still feel this way

Let’s just go slower and make it simple
cause when the bad has go we will meant to be together


Sooo~ huft-able, right?

***

Lima lagu acak yang mampu mengundang padanan diksi, seperti menjadi kombinasi yang tepat untuk merayakan tanggal 11 Desember di tahun 2012 ini. 

Semoga bahagia!

-penceritahujan-

3 komentar: